Apakah Anda ingin mengubah gaya rambut Anda dengan sesuatu yang lebih segar dan awet muda? Jika ya, maka Anda mungkin tertarik dengan beberapa potongan rambut pendek pria yang sedang tren saat ini. Potongan rambut pendek pria tidak hanya praktis dan mudah diatur, tetapi juga bisa memberikan kesan profesional, rapi, dan modern. Selain itu, potongan rambut pendek pria juga cocok untuk berbagai bentuk wajah dan jenis rambut.

Namun, potongan rambut pendek pria tidak berarti membosankan atau monoton. Ada banyak variasi dan gaya yang bisa Anda coba untuk membuat penampilan Anda lebih menarik dan berbeda. Mulai dari undercut, fade, pompadour, hingga quiff, semua bisa disesuaikan dengan selera dan kepribadian Anda. Berikut adalah 7 potongan rambut pendek pria yang bisa bikin tampil lebih muda.

1. Undercut

Undercut adalah salah satu potongan rambut pendek pria yang paling populer dan banyak diminati. Undercut adalah teknik memotong rambut di mana bagian samping dan belakang dicukur pendek atau tipis, sedangkan bagian atas dibiarkan panjang atau tebal. Undercut bisa memberikan kesan tegas, maskulin, dan stylish pada wajah Anda.

Potongan Rambut Pendek Pria Undercut
Potongan Rambut Pendek Pria Undercut

Ada banyak variasi undercut yang bisa Anda coba, seperti fade bald, disconnected undercut, atau slicked back undercut. Fade bald adalah ketika bagian samping dan belakang rambut semakin tipis hingga hampir botak. Disconnected undercut adalah ketika bagian atas rambut dipisahkan dari bagian samping dan belakang dengan jelas. Slicked back undercut adalah ketika bagian atas rambut disisir ke belakang dengan gel atau pomade.

a. Cara Membuat Undercut

Untuk membuat undercut, Anda bisa pergi ke salon atau barbershop profesional yang bisa memotong rambut Anda dengan presisi dan akurat. Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti gunting, sisir, clipper, dan alat cukur.
  • Basahi rambut Anda dengan air atau semprotan agar lebih mudah diatur.
  • Bagi rambut Anda menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian samping dan belakang. Gunakan sisir untuk membuat garis pemisah di sekitar kepala Anda. Ikat bagian atas rambut dengan karet gelang atau klip agar tidak mengganggu.
  • Mulai cukur bagian samping dan belakang rambut dengan clipper. Sesuaikan panjang clipper sesuai dengan tingkat ketipisan yang Anda inginkan. Jika Anda ingin membuat fade bald, cukur bagian bawah lebih tipis daripada bagian atas.
  • Rapihkan garis pemisah antara bagian atas dan samping belakang rambut dengan alat cukur. Pastikan tidak ada rambut yang tersisa di sekitar garis pemisah.
  • Lepaskan ikatan atau klip pada bagian atas rambut. Gunakan gunting untuk memotong bagian atas rambut sesuai dengan panjang yang Anda inginkan. Jika Anda ingin membuat slicked back undercut, biarkan bagian atas rambut cukup panjang agar bisa disisir ke belakang.
  • Tata bagian atas rambut dengan gel atau pomade sesuai dengan gaya yang Anda inginkan. Jika Anda ingin membuat disconnected undercut, sisir bagian atas rambut ke samping atau ke depan agar terlihat kontras dengan bagian samping dan belakang.

b. Kelebihan dan Kekurangan Undercut

Undercut memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya sebagai potongan rambut pendek pria Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan:

  • Undercut bisa membuat wajah Anda terlihat lebih tegas dan berwibawa.
  • Undercut bisa menonjolkan bentuk wajah dan fitur wajah Anda, seperti mata, hidung, dan dagu.
  • Undercut bisa memberikan kesan stylish dan modern pada penampilan Anda.
  • Undercut bisa disesuaikan dengan berbagai gaya rambut, seperti pompadour, quiff, atau faux hawk.

Kekurangan:

  • Undercut membutuhkan perawatan yang rutin dan teliti agar tetap terlihat rapi dan bagus.
  • Undercut bisa membuat rambut Anda lebih mudah kering dan rusak karena sering dicukur atau disisir dengan produk styling.
  • Undercut bisa membuat Anda merasa panas atau dingin tergantung cuaca karena bagian samping dan belakang rambut yang tipis.

2. Fade

Fade adalah potongan rambut pendek pria yang mirip dengan undercut, tetapi lebih halus dan gradual. Fade adalah teknik memotong rambut di mana bagian samping dan belakang rambut semakin tipis dari atas ke bawah. Fade bisa memberikan kesan bersih, rapi, dan minimalis pada wajah Anda.

Potongan Rambut Pendek Pria Fade
Potongan Rambut Pendek Pria Fade

Ada beberapa jenis fade yang bisa Anda pilih, seperti high fade, mid fade, low fade, atau taper fade. High fade adalah ketika bagian samping dan belakang rambut dicukur tipis hingga hampir mencapai garis rambut. Mid fade adalah ketika bagian samping dan belakang rambut dicukur tipis di tengah kepala. Low fade adalah ketika bagian samping dan belakang rambut dicukur tipis di dekat telinga. Taper fade adalah ketika bagian samping dan belakang rambut dicukur tipis secara bertahap tanpa ada garis pemisah yang jelas.

a. Cara Membuat Fade

Untuk membuat fade, Anda bisa pergi ke salon atau barbershop profesional yang bisa memotong rambut Anda dengan presisi dan akurat. Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti gunting, sisir, clipper, dan alat cukur.
  • Basahi rambut Anda dengan air atau semprotan agar lebih mudah diatur.
  • Bagi rambut Anda menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian samping dan belakang. Gunakan sisir untuk membuat garis pemisah di sekitar kepala Anda. Ikat bagian atas rambut dengan karet gelang atau klip agar tidak mengganggu.
  • Mulai cukur bagian samping dan belakang rambut dengan clipper. Sesuaikan panjang clipper sesuai dengan jenis fade yang Anda inginkan. Jika Anda ingin membuat high fade, cukur bagian samping dan belakang rambut hingga hampir mencapai garis rambut. Jika Anda ingin membuat mid fade, cukur bagian samping dan belakang rambut di tengah kepala. Jika Anda ingin membuat low fade, cukur bagian samping dan belakang rambut di dekat telinga. Jika Anda ingin membuat taper fade, cukur bagian samping dan belakang rambut secara bertahap tanpa ada garis pemisah yang jelas.
  • Rapihkan garis rambut dengan alat cukur. Pastikan tidak ada rambut yang tersisa di sekitar garis rambut.
  • Lepaskan ikatan atau klip pada bagian atas rambut. Gunakan gunting untuk memotong bagian atas rambut sesuai dengan panjang yang Anda inginkan.
  • Tata bagian atas rambut dengan gel atau pomade sesuai dengan gaya yang Anda inginkan.

b. Kelebihan dan Kekurangan Fade

Fade memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya sebagai potongan rambut pendek pria Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan:

  • Fade bisa membuat wajah Anda terlihat lebih segar dan awet muda.
  • Fade bisa menyesuaikan bentuk wajah dan jenis rambut Anda dengan baik.
  • Fade bisa memberikan kesan bersih, rapi, dan minimalis pada penampilan Anda.
  • Fade bisa dikombinasikan dengan berbagai gaya rambut lainnya, seperti pompadour, quiff, atau faux hawk.

Kekurangan:

  • Fade membutuhkan perawatan yang rutin dan teliti agar tetap terlihat rapi dan bagus.
  • Fade bisa membuat kulit kepala Anda lebih mudah terbakar matahari atau kedinginan karena bagian samping dan belakang rambut yang tipis.
  • Fade bisa membuat Anda merasa panas atau dingin tergantung cuaca karena bagian samping dan belakang rambut yang tipis.

3. Pompadour

Pompadour adalah potongan rambut pendek pria yang terinspirasi dari gaya rambut Raja Louis XV dari Prancis pada abad ke-18. Pompadour adalah teknik menata rambut di mana bagian atas rambut disisir ke atas dan ke belakang dengan volume yang tinggi. Pompadour bisa memberikan kesan elegan, klasik, dan bergaya pada wajah Anda.

Potongan Rambut Pendek Pria Pompadour
Potongan Rambut Pendek Pria Pompadour

Baca Juga:

Ada beberapa jenis pompadour yang bisa Anda pilih, seperti classic pompadour, modern pompadour, atau textured pompadour. Classic pompadour adalah ketika bagian atas rambut disisir ke atas dan ke belakang dengan volume yang tinggi dan rapi. Modern pompadour adalah ketika bagian atas rambut disisir ke atas dan ke belakang dengan volume yang tinggi dan sedikit berantakan. Textured pompadour adalah ketika bagian atas rambut disisir ke atas dan ke belakang dengan volume yang tinggi dan tekstur yang kasar.

a. Cara Membuat Pompadour

Untuk membuat pompadour, Anda bisa pergi ke salon atau barbershop profesional yang bisa menata rambut Anda dengan presisi dan akurat. Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti gunting, sisir, hair dryer, dan produk styling.
  • Basahi rambut Anda dengan air atau semprotan agar lebih mudah diatur.
  • Gunakan gunting untuk memotong bagian samping dan belakang rambut sesuai dengan panjang yang Anda inginkan. Anda bisa memilih untuk membuat undercut, fade, atau taper untuk bagian samping dan belakang rambut.
  • Gunakan hair dryer untuk mengeringkan bagian atas rambut sambil menyisirnya ke atas dan ke belakang dengan sisir bulat. Angkat bagian depan rambut untuk membuat volume yang tinggi.
  • Gunakan produk styling seperti gel, wax, atau pomade untuk mengunci bentuk bagian atas rambut. Sisir bagian atas rambut ke atas dan ke belakang dengan sisir biasa atau jari-jari Anda sesuai dengan jenis pompadour yang Anda inginkan.

b. Kelebihan dan Kekurangan Pompadour

Pompadour memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya sebagai potongan rambut pendek pria Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan:

  • Pompadour bisa membuat wajah Anda terlihat lebih panjang dan ramping.
  • Pompadour bisa menonjolkan fitur wajah Anda, seperti mata, hidung, dan dagu.
  • Pompadour bisa memberikan kesan elegan, klasik, dan bergaya pada penampilan Anda.
  • Pompadour bisa disesuaikan dengan berbagai gaya rambut, seperti undercut, fade, atau taper.

Kekurangan:

  • Pompadour membutuhkan perawatan yang rutin dan teliti agar tetap terlihat rapi dan bagus.
  • Pompadour membutuhkan banyak produk styling agar tetap terbentuk dengan baik.
  • Pompadour bisa membuat rambut Anda lebih mudah kusut atau lepek karena sering disisir dengan produk styling.

4. Quiff

Quiff adalah potongan rambut pendek pria yang mirip dengan pompadour, tetapi lebih modern dan santai. Quiff adalah teknik menata rambut di mana bagian depan rambut disisir ke atas dengan volume yang tinggi, sedangkan bagian samping dan belakang rambut dibiarkan pendek atau sedang. Quiff bisa memberikan kesan dinamis, trendy, dan playful pada wajah Anda.

Potongan Rambut Pendek Pria Quiff
Potongan Rambut Pendek Pria Quiff

Ada beberapa jenis quiff yang bisa Anda pilih, seperti classic quiff, messy quiff, atau spiky quiff. Classic quiff adalah ketika bagian depan rambut disisir ke atas dengan volume yang tinggi dan rapi. Messy quiff adalah ketika bagian depan rambut disisir ke atas dengan volume yang tinggi dan sedikit berantakan. Spiky quiff adalah ketika bagian depan rambut disisir ke atas dengan volume yang tinggi dan tekstur yang tajam.

a. Cara Membuat Quiff

Untuk membuat quiff, Anda bisa pergi ke salon atau barbershop profesional yang bisa menata rambut Anda dengan presisi dan akurat. Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti gunting, sisir, hair dryer, dan produk styling.
  • Basahi rambut Anda dengan air atau semprotan agar lebih mudah diatur.
  • Gunakan gunting untuk memotong bagian samping dan belakang rambut sesuai dengan panjang yang Anda inginkan. Anda bisa memilih untuk membuat undercut, fade, atau taper untuk bagian samping dan belakang rambut.
  • Gunakan hair dryer untuk mengeringkan bagian depan rambut sambil menyisirnya ke atas dengan sisir bulat. Angkat bagian depan rambut untuk membuat volume yang tinggi.
  • Gunakan produk styling seperti gel, wax, atau pomade untuk mengunci bentuk bagian depan rambut. Sisir bagian depan rambut ke atas dengan sisir biasa atau jari-jari Anda sesuai dengan jenis quiff yang Anda inginkan.

b. Kelebihan dan Kekurangan Quiff

Quiff memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya sebagai potongan rambut pendek pria Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan:

  • Quiff bisa membuat wajah Anda terlihat lebih segar dan awet muda.
  • Quiff bisa menyesuaikan bentuk wajah dan jenis rambut Anda dengan baik.
  • Quiff bisa memberikan kesan dinamis, trendy, dan playful pada penampilan Anda.
  • Quiff bisa dikombinasikan dengan berbagai gaya rambut, seperti undercut, fade, atau taper.

Kekurangan:

  • Quiff membutuhkan perawatan yang rutin dan teliti agar tetap terlihat rapi dan bagus.
  • Quiff membutuhkan banyak produk styling agar tetap terbentuk dengan baik.
  • Quiff bisa membuat rambut Anda lebih mudah kusut atau lepek karena sering disisir dengan produk styling.

5. Buzz Cut

Buzz cut adalah potongan rambut pendek pria yang paling simpel dan praktis. Buzz cut adalah teknik memotong rambut di mana seluruh rambut dicukur pendek atau sama panjang dengan clipper. Buzz cut bisa memberikan kesan tegas, maskulin, dan sporty pada wajah Anda.

Potongan Rambut Pendek Pria Buzz Cut
Potongan Rambut Pendek Pria Buzz Cut

Ada beberapa jenis buzz cut yang bisa Anda pilih, seperti crew cut, induction cut, burr cut, atau butch cut. Crew cut adalah ketika bagian atas rambut dicukur sedikit lebih panjang daripada bagian samping dan belakang. Induction cut adalah ketika seluruh rambut dicukur sangat pendek hingga hampir botak. Burr cut adalah ketika seluruh rambut dicukur pendek sekitar 3 mm. Butch cut adalah ketika seluruh rambut dicukur pendek sekitar 6 mm.

a. Cara Membuat Buzz Cut

Untuk membuat buzz cut, Anda bisa pergi ke salon atau barbershop profesional yang bisa memotong rambut Anda dengan presisi dan akurat. Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti clipper dan alat cukur.
  • Basahi rambut Anda dengan air atau semprotan agar lebih mudah diatur.
  • Mulai cukur seluruh rambut dengan clipper. Sesuaikan panjang clipper sesuai dengan jenis buzz cut yang Anda inginkan. Jika Anda ingin membuat crew cut, cukur bagian atas rambut sedikit lebih panjang daripada bagian samping dan belakang. Jika Anda ingin membuat induction cut, cukur seluruh rambut sangat pendek hingga hampir botak. Jika Anda ingin membuat burr cut, cukur seluruh rambut pendek sekitar 3 mm. Jika Anda ingin membuat butch cut, cukur seluruh rambut pendek sekitar 6 mm.
  • Rapihkan garis rambut dengan alat cukur. Pastikan tidak ada rambut yang tersisa di sekitar garis rambut.

b. Kelebihan dan Kekurangan Buzz Cut

Buzz cut memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya sebagai potongan rambut pendek pria Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan:

  • Buzz cut bisa membuat wajah Anda terlihat lebih tegas dan maskulin.
  • Buzz cut bisa menonjolkan fitur wajah Anda, seperti mata, hidung, dan dagu.
  • Buzz cut bisa memberikan kesan sporty dan aktif pada penampilan Anda.
  • Buzz cut sangat simpel dan praktis untuk dirawat.

Kekurangan:

  • Buzz cut bisa membuat wajah Anda terlihat lebih keras atau kasar.
  • Buzz cut bisa membuat wajah Anda terlihat lebih tua atau dewasa.
  • Buzz cut bisa membuat Anda merasa panas atau dingin tergantung cuaca karena rambut yang sangat pendek.

6. Faux Hawk

Faux hawk adalah potongan rambut pendek pria yang terinspirasi dari gaya rambut mohawk yang populer di kalangan punk rocker. Faux hawk adalah teknik menata rambut di mana bagian tengah rambut disisir ke atas dengan volume yang tinggi, sedangkan bagian samping rambut dibiarkan pendek atau sedang. Faux hawk bisa memberikan kesan rebel, kreatif, dan fun pada wajah Anda.

Potongan Rambut Pendek Pria Faux Hawk
Potongan Rambut Pendek Pria Faux Hawk

Ada beberapa jenis faux hawk yang bisa Anda pilih, seperti classic faux hawk, messy faux hawk, atau spiky faux hawk. Classic faux hawk adalah ketika bagian tengah rambut disisir ke atas dengan volume yang tinggi dan rapi. Messy faux hawk adalah ketika bagian tengah rambut disisir ke atas dengan volume yang tinggi dan sedikit berantakan. Spiky faux hawk adalah ketika bagian tengah rambut disisir ke atas dengan volume yang tinggi dan tekstur yang tajam.

a. Cara Membuat Faux Hawk

Untuk membuat faux hawk, Anda bisa pergi ke salon atau barbershop profesional yang bisa menata rambut Anda dengan presisi dan akurat. Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti gunting, sisir, hair dryer, dan produk styling.
  • Basahi rambut Anda dengan air atau semprotan agar lebih mudah diatur.
  • Gunakan gunting untuk memotong bagian samping rambut sesuai dengan panjang yang Anda inginkan. Anda bisa memilih untuk membuat undercut, fade, atau taper untuk bagian samping rambut.
  • Gunakan hair dryer untuk mengeringkan bagian tengah rambut sambil menyisirnya ke atas dengan sisir bulat. Angkat bagian tengah rambut untuk membuat volume yang tinggi.
  • Gunakan produk styling seperti gel, wax, atau pomade untuk mengunci bentuk bagian tengah rambut. Sisir bagian tengah rambut ke atas dengan sisir biasa atau jari-jari Anda sesuai dengan jenis faux hawk yang Anda inginkan.

b. Kelebihan dan Kekurangan Faux Hawk

Faux hawk memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya sebagai potongan rambut pendek pria Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan:

  • Faux hawk bisa membuat wajah Anda terlihat lebih segar dan awet muda.
  • Faux hawk bisa menyesuaikan bentuk wajah dan jenis rambut Anda dengan baik.
  • Faux hawk bisa memberikan kesan rebel, kreatif, dan fun pada penampilan Anda.
  • Faux hawk bisa dikombinasikan dengan berbagai gaya rambut, seperti undercut, fade, atau taper.

Kekurangan:

  • Faux hawk membutuhkan perawatan yang rutin dan teliti agar tetap terlihat rapi dan bagus.
  • Faux hawk membutuhkan banyak produk styling agar tetap terbentuk dengan baik.
  • Faux hawk bisa membuat rambut Anda lebih mudah kusut atau lepek karena sering disisir dengan produk styling.

7. Comb Over

Comb over adalah potongan rambut pendek pria yang terinspirasi dari gaya rambut klasik yang populer di kalangan pria berusia lanjut. Comb over adalah teknik menata rambut di mana bagian atas rambut disisir ke samping dengan volume yang sedang. Comb over bisa memberikan kesan profesional, sopan, dan smart pada wajah Anda.

Potongan Rambut Pendek Pria Comb Over
Potongan Rambut Pendek Pria Comb Over

Ada beberapa jenis comb over yang bisa Anda pilih, seperti classic comb over, modern comb over, atau textured comb over. Classic comb over adalah ketika bagian atas rambut disisir ke samping dengan volume yang sedang dan rapi. Modern comb over adalah ketika bagian atas rambut disisir ke samping dengan volume yang sedang dan sedikit berantakan. Textured comb over adalah ketika bagian atas rambut disisir ke samping dengan volume yang sedang dan tekstur yang kasar.

a. Cara Membuat Comb Over

Untuk membuat comb over, Anda bisa pergi ke salon atau barbershop profesional yang bisa menata rambut Anda dengan presisi dan akurat. Namun, jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti gunting, sisir, hair dryer, dan produk styling.
  • Basahi rambut Anda dengan air atau semprotan agar lebih mudah diatur.
  • Gunakan gunting untuk memotong bagian samping dan belakang rambut sesuai dengan panjang yang Anda inginkan. Anda bisa memilih untuk membuat undercut, fade, atau taper untuk bagian samping dan belakang rambut.
  • Gunakan hair dryer untuk mengeringkan bagian atas rambut sambil menyisirnya ke samping dengan sisir biasa. Pilih salah satu sisi sebagai arah sisiran Anda. Buat garis pemisah di sekitar kepala Anda sesuai dengan arah sisiran Anda.
  • Gunakan produk styling seperti gel, wax, atau pomade untuk mengunci bentuk bagian atas rambut. Sisir bagian atas rambut ke samping sesuai dengan jenis comb over yang Anda inginkan.

b. Kelebihan dan Kekurangan Comb Over

Comb over memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya sebagai potongan rambut pendek pria Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan:

  • Comb over bisa membuat wajah Anda terlihat lebih profesional, sopan, dan smart.
  • Comb over bisa menonjolkan fitur wajah Anda, seperti mata, hidung, dan dagu.
  • Comb over bisa memberikan kesan klasik dan timeless pada penampilan Anda.
  • Comb over bisa disesuaikan dengan berbagai gaya rambut, seperti undercut, fade, atau taper.

Kekurangan:

  • Comb over membutuhkan perawatan yang rutin dan teliti agar tetap terlihat rapi dan bagus.
  • Comb over membutuhkan banyak produk styling agar tetap terbentuk dengan baik.
  • Comb over bisa membuat rambut Anda lebih mudah kering atau rusak karena sering disisir dengan produk styling.

Kesimpulan

Potongan rambut pendek pria adalah salah satu pilihan gaya rambut yang banyak diminati oleh pria di seluruh dunia. Potongan rambut pendek pria tidak hanya praktis dan mudah diatur, tetapi juga bisa memberikan kesan profesional, rapi, modern, elegan, klasik, trendy, rebel, kreatif, fun, tegas, maskulin, sporty, segar, awet muda, dinamis, playful, sopan, smart, bersih, minimalis

Share this post

About the author

Leave a Reply